28 May 2008

Poligami "diam-diam" di Kalangan Muslim Amerika

Siapa bilang poligami hanya monopoli Sekte FLDS Mormon di Amerika?

Diam-diam ada kalangan muslim Amerika yang poligami diam-diam, tentu saja harus diam-diam kalau tidak ingin dijerat dengan pasal kriminal, dan jumlahnya shocking: Sekitar 50 ribu muslim Amerika terlibat dalam keluarga poligami!

Kebanyakan poligami populer di kalangan imigran Afrika Barat (Senegal, Guinea, Niger, Pantai Gading, Ghana, dan sekitarnya) dan Asia (tidak disebutkan dari negara mana, kemungkinan sub-benua Hindia, mungkin juga Indonesia, but count me out :-) dengan ciri-ciri: konservatif dan kurang pendidikan. Justru poligami jarang ditemui di kalangan imigran Timur Tengah.

Beberapa modus operandi poligami ini:
  • istri pertama dinikahi resmi, terdaftar, istri muda nikah cara agama saja (bawah tangan). Yang ini juga biasa terjadi di Indonesia, tidak usah menyebut nama lah :-) Tetapi akhir-akhir ini imam-imam masjid mulai menyelidiki status calon pengantin sebelum mereka mengajukan permohonan menikah. Bravo!
  • istri kedua dinikahi di negara asal, dibawa ke Amerika tanpa dokumen imigrasi yang lengkap, sehingga sangat tergantung kepada suami dan rentan menjadi korban KDRT.

Original Post

No comments: